Apa itu Bahan Kain Crepe ?

Mengenal Bahan Kain Crepe untuk Hijab dan Fashion Muslimah lainnya

Alhamdulillah pada pertengahan tahun 2017 yang lalu Hijab Daily Indonesia meluncurkan produksi pertamanya yaitu hijab instan “Hildany Daily”, hijab instan yang praktis, simple, stylish dan nyaman cocok untuk wanita muslimah yang aktif dan dinamis. Seringnya pertanyaan yang muncul ketika produk hijab instan “Hildany Daily” diperkenalkan adalah :

  • “terbuat dari bahan apa yaa..?”
  • “bahannya lembut ngga..?”
  • “bahannya luntur ngga yaa..?”
  • “bahannya lentur ngga yaa..?”
  • “bahannya tipis atau tebal..?”

Ternyata perhatian pertama konsumen ketika ditawarkan suatu produk hijab adalah material bahannya, di samping harganya yang pastinya diharapkan memiliki harga yang terjangkau sesuai dengan kualitas bahan itu sendiri.

Hijab instan “Hildany Daily” sendiri terbuat dari material bahan kain Crepe, yang halus, lembut, lentur, dan nyaman dipakai.

Yuk kita coba mengenal lebih dekat seperti apa bahan kain crepe ini.

Apa itu bahan kain Crepe ?

Bahan kain Crepe adalah bahan yang memiliki tekstur yang sangat unik. Kain ini bersifat lentur, tidak kaku, dan permukaannya bertekstur sehingga terlihat kasar, berpasir/berkerikil, atau berkerut. Bahan Crepe ini mulai ada pada tahun 1911. Hanya saja pada saat itu masih sangat jarang yang memproduksinya karena harga bahan dasarnya yang relatif mahal. Namun seiring perkembangannya, bahan ini mulai dikenal kembali terlebih pada saat ini dimana mulai maraknya industri fashion hijab dan pakaian muslimah modern.

Saat ini bahan kain Crepe relatif mudah didapat. Pasar kain tradisional seperti yang ada di daerah Cipadu dan Tanah Abang sampai dengan toko-toko online berlomba-lomba menyediakan bahan crepe ini dengan harga yang bervariatif namun relatif terjangkau sesuai dengan kualitas bahan itu sendiri.

Setiap jenis bahan kain Crepe memiliki keunggulan dan karakteristik kain yang berbeda-beda. Ada yang elastis dan ada yang tidak, serta masing-masing memiliki ketebalan yang berbeda. Bahkan, salah satu di antaranya ada yang sangat tipis dan transparan.

Berikut adalah beberapa jenis bahan kain Crepe yang banyak dijual di Indonesia : (sumber : Mizutex.com)

  1. Bahan Kain Bubble Crepe
  2. Bahan Kain Moss Crepe
  3. Bahan Kain Arabian Crepe
  4. Bahan Kain Crezia Crepe
  5. Bahan Kain Diamond Italiano
  6. Bahan Kain Diamond Georgette
  7. Bahan Kain Barbie Ceruti atau Baby Doll
  8. Bahan Kain Wolly Crepe

Bahan Kain Bubble Crepe

Bubble Crepe adalah bahan kain dengan tekstur kulit jeruk yang sangat nampak dan jelas. Tekstur jeruknya sangat terasa ketika diraba dan terlihat jelas meskipun dari jarak yang tidak terlalu dekat. Karakteristik bahan kain Bubble Crepe agak tipis, tetapi tidak menerawang. Bahan kain ini termasuk bahan yang jatuh, ringan, dan agak melar. Bahan kain Bubble Crepe ini nyaman digunakan sebagai bahan hijab / jilbab / kerudung dan gamis. Bahan ini ringan, tidak mudah kusut dan tidak gerah ketika dipakai.

Bahan Kain Moss Crepe

Moss Crepe, adalah anggota keluarga crepe dengan tekstur jeruk seperti butiran pasir yang tersusun. Jika dilihat dari jarak dekat, seperti ada pasir yang menempel pada permukaan kainnya. Padahal, sebenarnya itu adalah bagian dari serat kain itu sendiri. Karakteristik bahan kain Moss Crepe cukup tebal, serat kainnya rapat dan tidak menerawang. Selain itu Moss Crepe termasuk jenis kain yang jatuh, ringan dan tidak mudah kusut. Jika ditarik, kain Moss Crepe bersifat elastis. Sedikit lebih elastis daripada kain Bubble Crepe.

Bahan Kain Arabian Crepe

Arabian Crepe adalah duplikasi dari Moss Crepe dengan grade berada di atasnya. Kain Arabian Crepe ini memiliki tampilan yang sama persis dengan kain Moss Crepe. Hanya saja bahan kain Arabian Crepe lebih halus, lebih dingin, lebih adem dan agak lebih tebal daripada Moss Crepe. Secara kasat mata keduanya hampir tidak bisa dibedakan, baru terasa perbedaannya setelah diraba.

Bahan Kain Crezia Crepe

Crezia Crepe adalah salah satu diantara keluarga bahan kain crepe yang elastis. Bahkan dapat dikatakan memiliki tingkat elastisitas yang sangat tinggi. Untuk membuktikan elastisitasnya bisa dengan cara merenggangkan bahan kain ini secara diagonal, bukan secara horizontal atau vertikal. Bentuk tekstur Crepe yang dimiliki oleh kain Crezia ini sangat unik. Teksturnya membentuk garis-garis tersusun yang menyerupai obyek wajik. Walaupun tidak terlalu jelas, tapi sepintas akan nampak bentuk wajik yang tersusun. Karakteristik bahan kain Crezia Crepe adalah ringan, jatuh dan tidak mudah kusut. Merupakan bahan kain Crepe yang cukup adem ketika dipakai dan memiliki ketebalan yang cukup. Jika dibandingkan dengan Moss Crepe, ketebalannya kurang lebih sama. Bahan Kain Crezia Crepe ini agak transparan, jika dibandingkan dengan Moss Crepe atau Wolly Crepe. Hal ini dikarenakan kain ini memiliki serat yang agak longgar.

Bahan Kain Diamond Italiano

Diamond Italiano adalah jenis bahan kain Crepe yang tekstur jeruknya seperti Moss Crepe, bahkan jauh lebih jelas lengkungannya. Sehingga bila diraba akan terasa lebih kasar dibanding dengan Moss Crepe. Karakteristik bahan kain Diamond Italiano adalah ringan, jatuh, cukup melar. Kain ini bersifat lebih melar bila dibanding dengan Moss Crepe namun masih belum bisa menyamai elastisitas Crezia Crepe. Bahan kain ini tergolong kain yang tipis dan menerawang. Bila ditinjau dari ketebalan kainnya, kain Diamon Italiano ini masih lebih tipis dan lebih ringan daripada Crezia Crepe.

Bahan Kain Diamond Georgette

Diamond Georgette adalah bahan kain yang hampir mirip dengan Diamond Italiano. Meskipun namanya sama-sama Diamond tetapi bahan kain ini bukanlah duplikasinya. Diamond Georgette memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingan dengan Diamond Italiano, yaitu tekstur jeruk yang samar-samar namun masih terlihat. kalau ditinjau dari susunan teksturnya, bahan kain Diamond Georgette ini hampir sama saja dengan Diamond Italiano. Karakteristik bahan kainnya hampir sama dengan Diamond Italiano, dengan ketebalan yang kurang lebih sama. Hanya saja bahan kain Diamond Georgette ini sedikit lebih kasar serta termasuk kain yang cukup melar.

Bahan Kain Barbie Ceruti atau Baby Doll

Barbie Ceruti atau biasa disebut bahan Baby Doll, adalah bahan kain Crepe yang paling tipis, paling ringan, paling jatuh, dan paling transparan. Jenis bahannya tidak elastis dan sangat menerawang. Bahan kain Barbie Ceruti ini cocok untuk dijadikan sebagai bahan BurQah, karena kainnya yang tipis dan menerawang.

Bahan Kain Wolly Crepe

Wolly Crepe adalah jenis bahan kain Crepe yang tekstur kulit jeruknya paling halus (tidak nampak). Dapat dikatakan bahwa tekstur crepe-nya tidak kelihatan. Karakteristik kain Wolly Crepe ini jatuh, ringan, tidak mudah kusut dan nyaman untuk dijadikan sebagai bahan hijab / jilbab/ kerudung dan gamis syar’i. Bahan Wolly Crepe ini termasuk bahan yang paling banyak peminatnya karena meiliki berbagai keunggulan. Kain ini memiliki ketebalan yang cukup dan kainnya tidak menerawang. Jika dibandingkan dengan Moss Crepe, ketebalannya kurang lebih sama. Akan tetapi, Wolly Crepe tidak memiliki sifat elastis sedikitpun. Wolly Crepe adalah kain yang memiliki serat yang rapat, cukup halus bila diraba dan cukup adem.

Nah, sekarang sudah tau khan yaa macam-macam jenis bahan kain Crepe yang banyak dijual di Indonesia. Mudah-mudahan informasinya bisa bermanfaat yaa. 🙂 🙂

Koleksi Hijab Instan “Hildany Daily” by Hijab Daily Indonesia

Koleksi hijab instan “Hildany Daily”, hijab instan yang praktis, simple, stylish dan nyaman cocok untuk wanita muslimah yang aktif dan dinamis,  by Hijab Daily Indonesia bisa didapatkan dengan cara sebagai berikut :

ORDER via CHAT ADMIN
WhatsApp : 0813-8033-5414 (fast respon)

Follow dan add juga OFFICIAL account Hijab Daily
Instagram : @hijab_daily.id
Facebook : Hijab Daily Indonesia