The “Beautinnocence” of Afiffah Ayu

She’s got the eyes of innocence and the face of an angel. Pembawaan kalem dan tutur kata santun adalah kekuatannya.

 

Afiffah Ayu

 

Maret 2017, ketika produksi pertama Hildany Daily by Hijab Daily Indonesia selesai dikerjakan, belum terpikir sama sekali di dalam benak siapa ya yang akan menjadi model untuk kebutuhan promosinya. Sempat terpikir untuk menghubungi seorang teman lama yang juga berprofesi sebagai model. Sempat juga berencana minta tolong sama My Beloved Sister In Law “Stefanie Sternitzke” yang memang sudah malang melintang sebagai talent di kancah periklanan Indonesia. Namun, jodoh menggiring Hijab Daily Indonesia bertemu dengan seorang gadis cantik bermata indah, Afiffah Ayu namanya.

Gadis cantik bernama lengkap Afiffah Ayu ini biasa dipanggil Ayu. Lahir di Bogor, pada tanggal 8 Juni 1996, Ayu mulai menekuni dunia foto model pada usia 20 tahun. Diawali dengan iseng-iseng hunting dan browsing tentang dunia foto model, Ayu kemudian pertama kali dijepret oleh kamera Andi Lara Ticca (@puang_ala), seorang fotografer, yang tidak lain adalah kakak sepupunya sendiri. Hasil jepretan itu kemudian diupload ke salah satu forum fotografi kenamaan di Indonesia. Tidak disangka foto itu disukai banyak orang, likersnya tembus hingga 4,6K. Hal ini membuat Ayu menjadi semangat untuk menghasilkan karya foto lagi.

Sosok cantik dan lugu, jelas terpancar dari sorot matanya yang ekspresif. Ayu yang sehari-harinya berhijab ini jagonya dalam hal “switch expression in seconds”. Ekspresi favorit kami adalah saat Ayu tertawa dan saat wajahnya tampak seperti merenung. Pesan innocence/lugunya sangat terasa.

                                             

Tiga kali bekerjasama on the set bareng, kesan yang tertangkap kuat adalah pembawaannya yang tenang dan kalem. Bahkan saat ada beberapa kondisi yang kurang nyaman ketika sesi foto, Ayu tidak pernah terlihat mengeluh. Senyum indah senantiasa terlihat bahkan sesekali Ayu bisa tertawa menanggapi hal-hal yang tidak nyaman itu. Hal seperti itu membuat kami “nagih” untuk bekerjasama terus dengan mahasiswi semester 6 jurusan Public Relation ini.

Model favorit Ayu adalah Sisi Yolanda. Ayu suka dengan mood dan postur tubuh Sisi Yolanda yang menurutnya selalu sempurna. Menurut Ayu, wajah Sisi Yolanda itu mau dimake-up seperti gimana aja pasti tetap terlihat cantik. Warna favorit Ayu adalah hitam, biru navy, dan dusty pink. Sedangkan film favoritnya adalah yang bergenre komedi dan drama.

Walaupun Ayu sangat menikmati menjadi foto model, tetap ada tantangan dan kesulitan yang kadang dirasa oleh Ayu. Biasanya itu terjadi ketika Client meminta untuk memakai make-up atau baju yang dirasa kurang cocok, Ayu akan merasa kurang nyaman. Namun hal itu tidak menurunkan semangat Ayu untuk tetap berkarya.

Ketika ditanya tentang rencana karir foto model ke depannya. Gadis berpostur mungil ini mengatakan bahwa untuk saat ini dunia foto model hanya menjadi hobi Ayu untuk bisa mengisi waktunya dengan hal yang bermanfaat dan menghasilkan. Sambil tersenyum malu-malu Ayu membisikkan bahwa cita-cita sebenarnya adalah ingin menjadi seorang pramugari.

Di akhir sesi tanya jawab kami menanyakan hal berikut, “Kalau diminta membayangkan ‘picture of you’ 10 tahun mendatang, apa yang ada di benak Ayu ?”. Sambil tertawa Ayu menjawab, “Gendut mungkin. Hahahaha. Keibuan dan terlihat tua”. “Tapi mudah-mudahan ngga ya”, ujarnya lagi. Ayu, walaupun seperti itu kami yakin koQ pasti Ayu tetap terlihat cantik dan menarik.

Semangat terus ya My Dear Afiffah Ayu. Keep up your good work. Your attitude is like a price tag, it shows how valuable you are.

 

Written by Nila Putrianti

 

 

 


7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*